Homemade Beauty Care - Beauty Lemon

4:21 PM


Hello,

Kita semua pasti kenal sama lemon. Buah kecut asli Asia ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi bisa juga digunakan sebagai bahan pembersih, sebagai baterai alternatif, dan bahkan bisa juga digunakan sebagai invisible ink, buat yang suka mengirim pesan rahasia.

Kali ini kita akan fokus ke satu manfaat lemon saja, yaitu untuk kecantikan. Aku menyebutnya "beauty lemon". Selain mengandung vitamin C & vitamin E yang bagus untuk kulit, dan aku pernah baca di blog-nya alodita juga kalau lemon plus madu [honey lemon shot] bisa membuat kulit mengkilap. Tapi bukan itu yang mau kubahas, aku akan membahas bagian kecil lemon yang digunakan sebagai exfoliating agent untuk kulit,

Lemon untuk memutihkan ketiak dan lipatan paha.
Yup! it's been everybody's problems. Kumpulan keringat di lipatang-lipatan tubuh tertentu kadang mengganggu pemandangan, apalagi kalo kulitnya gelap sepertiku. It's been annoying

Sejak menginjak umur 30-an ini aku jadi sering aware sama kondisi tubuhku, terutama kulit, secara sudah tidak muda lagi dan sudah ibu-ibu. Yang tadinya cuek-cuek aja, tapi sekarang aku agak-agak terganggu dengan beberapa kondisi kulitku yang membandel. seperti yaa itu...ketiak dan lipatan paha menghitam, apalagi setelah bertambah gembul dua tahun terakhir ini. Jadi, suatu saat, aku menemukan artikel tentang lemon ini dan mencobanya, nah! sekarang aku ingin berbagi, walaupun mungkin, sebagian dari kalian para readers, sudah tau. Well, apa salahnya sharing

Resep sederhana untuk memutihkan ketiak dan lipatan paha:
  • Separuh buah lemon
  • Baking soda 

Masukkan 1 sdm baking soda ke dalam wadah, aku biasanya menggunakan cangkir, lalu peraskan separuh buah lemon yang sudah dibagi dua lagi, jadi seperempat potong. Aduk-aduk sampai membentuk pasta halus. Kalau merasa perasan lemonnya kurang, bisa ditambahkan yang seperempat potongnya lagi. Aplikasikan di lipatan ketiak atau lipatan tubuh lain yang ingin diputihkan. Lakukan kegiatan ini secara rutin sekitar 3 kali seminggu sebelum mandi. Tunggu hasilnya!

*Kalau adonan baking soda + perasan lemonnya berbuih [seperti foto di bawah], coba tambahkan baking soda lagi, aduk-aduk sampai buihnya hilang. 



Ssst...adonan ini juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau ketek lho. Lumayan kan efek samping menguntungkan dari memutihkan ketiak menggunakan perasan lemon dan baking soda. Siapa sangka! 

Ada yang tau kenapa?
Scientific reason-nya, lemon mengandung asam sitrat, yang termasuk dalam golongan asam alfa-hidroksil, yang memiliki keunggulan bisa menyingkirkan garis-garis halus, pigmentasi yang tidak beraturan dan pori-pori yang besar, serta memiliki efek aromatik.

Sebagai orang medis, aku tetap menganjurkan agar berhati-hati dalam mengaplikasikan beauty lemon ini, karena jenis kulit sensitif justru akan mengalami iritasi --> baking soda alias sodium bikarbonat [basa] dan lemon yang mengandung asam sitrat [asam]. Menurut pendapat ilmiah, kandungan basa dalam baking soda justru akan merusak barier asam yang secara alami dimiliki kulit. Dan asam sitrat termasuk asam yang kuat, jadi jangan diaplikasikan langsung pada kulit.

Still, beauty is a concern, but healthy is a must!

Selamat mencoba the beauty lemon-nya..semoga bermanfaat. don't forget to share your story.

Love,
dini.erha

You Might Also Like

0 comments