Tutorial : Fabric Basket

12:38 PM


Hello,

Ada banyak cara dan tutorial gratis untuk membuat fabric basket. Apalagi kalau browsing di Pinterest. Tapi kali ini aku akan memberikan tutorial yang sedikit lebih repot sekaligus meningkatkan kemampuan menjahit. Terinspirasi dari easter basket-nya Amy Sinibaldi dan bukunya Lisa Cox "a Spoonful of sugar".

Notes
  • Baca tutorial secara lengkap terlebih dahulu sebelum mulai mempraktekkannya.
  • Ukuran yang kugunakan di sini dalam satuan inci (inch), tidak perlu repot untuk mengkonversikannya ke cm, cukup gunakan penggaris yang memiliki dua satuan, cm dan inci. 
  • RST = right side together : dua sisi bagus kain saling berhadapan satu sama lain.
  • Seam allowance/jarak jahit yang digunakan: 1/4" [kecuali disebutkan ukuran lainnya]. Jarak jahit 1/4" adalah ukuran satu bilah walking foot mesin jahit, saya menggunakan mesin jahit portable, hampir semua mesin jahit memiliki ukuran bilah walking foot standar yang sama, yaitu 1/4" atau 1,7 cm. 
  • Tutorial ini hanya untuk penggunaan pribadi dan tidak untuk diperjualbelikan atau di-posting ke blog/web/sosial media lain tanpa ijin tertulis dari saya. 
  • Mengingat ini tutorial pertama, mohon maaf atas segala kecacatannya, next time will be better.

So, here we go..


Untuk badan keranjang [fabric basket body]:
  • 2 lembar kain motif/polos ukuran 3 1/2" x 15 1/2"
  • 1 interfacing ketebalan medium/sedang ukuran 3 1/2" x 15 1/2"

Untuk lingkaran bagian luar [outer circle]:

  • 1 lembar kain lingkaran dengan jari-jari 2 1/2" [diameter 5"]
  • 1 interfacing ketebalan tipis berbentuk lingkaran dengan jari-jari 2 1/2" [diameter 5"]

Untuk lingkaran bagian dalam [inner circle]:
  •  2 lembar kain lingkaran dengan jari-jari 2 5/8" [diameter 5 1/4"]
  • 1 interfacing ketebalan medium berbentuk lingkaran dengan jari-jari 2 5/8" [diameter 5 1/4"]

Rekatkan interfacing pada satu lembar kain body dengan cara menyetrika. Gunakan semprotan air yang cukup untuk membasahi dan setrika dengan suhu yang cukup panas agar tidak menyisakan gelembung udara. Setrika dari bagian tengah ke pinggir kain. Lalu tumpuk kedua kain body RST.

Jika ingin menambahkan label/sulaman atau dekorasi lainnya pada kain, lakukan sebelum merekatkan interfacing ke kain.
Jahit potongan kain body pada salah satu sisi. Jika menggunakan dekorasi tambahan, perhatikan bagian atas dan bawahnya agar tidak terbalik. 
Buka kedua lembar kain, kedua sisi bagus kain menghadap ke atas, berdampingan. sedangkan sisi buruknya menghadap ke bawah [lihat gambar].
Pada sisi pendek kain, lipat ke salah satu sisinya RST tapi jangan seperti melipat kertas yaa, sisi yang lainnya dibiarkan melengkung seperti pada gambar. Gunakan penjepit atau jarum pentul untuk mengamankannya. Jahit di sepanjang sisi tersebut dengan jarak jahit 1/4". 

Rekatkan interfacing ke kain lingkaran yang ukurannya lebih kecil, keduanya memiliki diameter yang sama. Balik kain inner [tanpa dekorasi] ada di luar. Gunakan penjepit atau jarum pentul untuk memasangkan lingkaran tersebut ke bagian body, lingkaran ini akan berperan sebagai dasar basket.

Jahit sekeliling lingkaran dengan jarak jahit 1/4". Menurutku, ini bagian repotnya, aku menginjak pedal mesin jahit sangat pelan sambil melepaskan setiap jarum pentul. 
Kalau tidak punya mesin obras, kita memiliki beberapa alternatif untuk merapikan jahitan, aku menggunakan gunting zigzag. Atau, bisa juga menggunakan jahitan zig zag atau semi-obras, jika mesin jahitmu memiliki fasilitas tersebut. Sisihkan bagian body fabric basket ini.

Berikutnya, rekatkan kain pola lingkaran yang berdiameter lebih besar dengan interfacing-nya [berukuran sama]. Jahit sekelilingnya dan sisakan sekitar 2-4 cm untuk bukaan. 

Gunakan gunting berujung tajam untuk memotong tepi-tepi kain secara tegak lurus terhadap batas jahitan, tapi hati-hati jangan sampai memotong jahitan lingkaran.

Balik kain pola lingkaran melalui bagian yang terbuka, sehingga sisi bagus kain ada di luar. Lalu jahit tindas di sekeliling lingkaran, sekaligus untuk menutup bukaan kain tadi tanpa menggunakan jahitan sembunyi.

Tahap terakhir. Assembling time. Masukkan bagian lingkaran ke dasar basket
And you're done, voilla!
Semoga tutorialnya cukup membantu dan bisa dipahami dengan baik. next time, foto-fotonya akan lebih baik dan cerah. Tutorial ini ditujukan untuk pemula yang ingin berlatih lebih. Kalau ada pertanyaan atau berbagi, silahkan isi kolom komentar yaa..

Selamat menjahit and enjoy your 'me' time.



see you next time,
dini.erha

You Might Also Like

0 comments