Share the creative-ness : Sewing illustrations

7:30 PM

Hello,

Sejak awal tahun 2016 ini, aku rajin stalking blog-nya Minki Kim dan terobsesi dengan belajar sewing illustrations. Apa itu sewing illustration? basicly adalah menggambar menggunakan mesin jahit, mirip dengan teknik applique dan free machine quilting. Jadi, kalau sudah berpengalaman membuat applique kain atau quilting pasti mudah menguasai sewing illustrations ini. Nah! lagi-lagi, buatku ini adalah sesuatu yang baru jadi lumayan lama untuk "menggambar" dengan rapi menggunakan mesin jahit. Aku membaca blog-nya Minki sejak postingan awalnya, saat dia mulai belajar, sangat menyenangkan membaca proses bagaimana dia menghabiskan 3 jam sehari untuk menjahit saat anak-anaknya sekolah dan pekerjaan rumahnya sudah beres. Semua cerita itu membuatku terinspirasi bahwa aku juga bisa mempelajari ini, awalnya aku agak bingung dan berantakan jahitannya, kupikir karena benang jahitnya beda dan mesin jahitnya lebih canggih [Minki menggunakan benang jahit bermerk *Aurifil sedangkan aku benang seharga 1500 per biji..*lol] tapi lagi-lagi bukan itu! mesin jahit yang digunakan Minki pun mesin jahit Brother yang biasa, tidak canggih pakai panel komputer. Jadi setelah kupikirkan sampai tidak mau menjahit lagi, yang membedakan kami hanyalah "jam terbang". Minki rajin dan telaten berlatih, tapi aku mau semuanya langsung bagus pada saat pertama kali mencoba, that's really a messed up!

Jadi, yang kulakukan berikutnya adalah membeli open toe presser foot secara online, tidak pernah membuang potongan kain blacu yang kecil-kecil, membeli viselin yang paling tipis, dan karena aku tidak bisa menggambar dengan bagus, jadi aku mencetak gambar dari Pinterest, lalu menarik napas dalam-dalam setiap mulai menjahit. 

Dan, inilah hasilnya - aku membutuhkan sekitar 1 jam lebih untuk menyelesaikan dua gambar ini dan setelah di-posting ke instagram dengan bahagianya dan menggunakan hashtag #sewingillustration, ternyata di-repost oleh Minki kim. Tambah bahagia! 


So, sewing is really fun!
Dengan sewing illustrations kita bisa meng-custom hampir semua benda yang bisa dijahit, barang-barang personalized kan menjadi salah satu keunggulan produk-produk handmade. Bahkan Minki menggunakan sewing illustration sebagai album untuk mengabadikan gambar-gambar anaknya, perkembangan gambar anaknya setiap tahun terbingkai rapi di dinding, tidak peduli betapa absurd-nya lukisan anak-anak itu.

Terinspirasi oleh hal itu, aku pun membuatkan io pembatas buku dengan nama dan benda kesayangannya, mobil-mobilan, tapi kali ini aku menggambar sendiri mobilnya dan huruf-hurufnya ku-print dari Ms. word.




Well, not bad kan..dan yang paling menyenangkan adalah io loves it! bahkan wajib ada di bukunya kalau ke sekolah. #mamasmade :) 

more creative-ness to come.

see you next time!
dini.erha

You Might Also Like

0 comments